Kolesterol

+
Mengapa ada orang yang sakit kolesterol? Dan mengapa penyakit itu akan kambuh saat makan makanan yang mengandung banyak kolesterol?

+

Jawaban saya singkat : 

Karena dia makan kolesterol bersama bersama dengan karbohidrat!
+

Silahkan tanya ke mereka. Makan kambingnya pakai nasi enggak? Makan satenya pakai es teh manis apa enggak?
+

Jawabannya pasti : iya, makai nasi dan minum yang manis!
+

Jadi bukan salah kolesterol. Kolesterol baik-baik saja. Yang salah adalah karbohidrat alias gula!
+


Begini penjelasannya…
Karbohidrat dan semua turunannya adalah gula. Tahu sifat gula, khan?
+

Kalau enggak tahu sifatnya, silahkan ambil gula pasir. Lalu panaskan.
+

Apakah gula akan meleleh? Atau menjadi karamel?
Jawabannya adalah menjadi karamel!
+

Gula yang mengkaramel inilah biang masalahnya.
Karamel gula atau disebut Glycation ini mengikat macam-macam komponen dalam tubuh.
+

Apa saja yang diikat oleh karamel gula?
Salah tiganya : lemak, kolesterol, dan asam urat!
+

Lemak yang terikat oleh glycation akan menyebabkan plak. Dan plak ini akan menyumbat aliran darah sari jantung ke titik-titik lain.
+

Tersumbat dekat jantung, akan mengebabkan serangan jantung koroner.
Tersumbat ke arah otak akan membuat aliran darah ke otak pecah.
Kalau pecah yang kanan anda stroke. Kalau yang kiri anda lumpuh. Kalau yang tengah, anda mati.
Itu fakta medis dari orang-orang yang stroke!
+

Kolesterol juga terikat oleh glycation. Kolesterol yang terikat inilah yang menyebabkan orang sakit kolesterol.
Jadi masalahnya bukan kolesterolnya, tapi yang mengikat kolesterol.
+

Selama kolesterol anda liquid alias cair dan tetap beredar di darah, maka tidak masalah!
Itu kenapa saat kolesterol saya HI alias di atas 350 saya baik-baik saja.
Penyebabnya adalah : kolesterol saya tidak diikat oleh karamel gula!
+

Begitu juga dengan asam urat. Dia enggak salah.
Asam urat dibutuhkan tubuh. Semakin tunggi asam urat maka tinggi juga antioxsidannya.
Anda enggak gampang tepar kalau kena radikal bebas.
+

Tapi mengapa ada orang sakit asam urat?
Saya yakin anda sudah bisa jawab!
Yes. Karena asam uratnya terikat karamel gula!
+

Walau asam urat anda tinggi, selama dia tidak terikat, maka anda sehat.
Saya adalah saksi hidup. Asam urat saya 14,2 dan saya sehat walafiat.
Sampai petugas lab bengong enggak percaya.
+

Mas, orang asam uratnya 7 aja udah sakit semua. 10 usah ga bisa jalan.
Tapi mas ndika asam urat 14,2 kok bugar banget.
+

Jawab saya dalam hati : karena asam urat saya lancar dalam darah dan enggak terikat karamel gula!
+

Nah, silahkan tanya kepada orang yang punya asam urat.
Apakah dia konsumsinya high carbohidrat?
Jawabannya pasti : iya!
+

Nah, asam urat yang terikat karamel gula akan mengeras di sendi-sendi.
Asam uratnya mengkristal. Kristal asam urat ini disebut purin!
+

Jadi yang salah adalah yang mengikat asam urat dan kolesterol. Bukan asam urat dan kolesterolnya!

Manfaat Ekstrak Biji Pepaya

Tak banyak yang tahu bahwa biji pepaya yang biasa kita buang, ternyata punya segudang manfaat. 

Salah-satunya, untuk menyingkirkan racun-racun yang menumpuk di usus dan lever kita.

Penelitian menunjukkan, racun bisa menumpuk hingga seberat delapan kilogram dalam usus kita.

Ekstrak biji pepaya bahkan mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal. 

Biji pepaya juga mampu membunuh parasit dalam bersarang dalam pencernaan.

Dokter Wahyu Triasmara, dalam Club Diet Sehat Bersama dr. Wahyu Triasmara – DrW, di Facebook pada 28 Februari 2015,menjelaskan, biji pepaya juga mengandung zat antikolesterol yang hebat.

Mengkonsumsi biji buah pepaya juga bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah.

Ini teruji dalam penelitian mengenai jus biji buah pepaya, secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL. Ekstrak biji pepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides.

Dengan adanya kandungan ekstrak tersebut, biji pepaya ini mempunyai efek hipolipidemia dan antioksidan dalam darah yang luar biasa.

Efek hipolipidemia ini, sangat berguna bagi terapi alternatif hiperlipidemia yang disebabkan adanya lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi.

Adapun, saponin yang ada dalam biji pepaya, bermanfaat untuk menurunkan aktifitas kolesterol serum seperti aksi resin, yaitu dengan mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu.

Melalui penghambatan reaksi oksidasi kolesterol LDL ini maka dapat menurunkan kadar kolesterol darah. 

Kandungan Fitokimia memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit. 

Sementara Flavonoid merupakan antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas,” jelasnya.
Lalu, bagaimana cara untuk bisa mengkonsumsi biji pepaya yang menyehatkan itu? Ada dua cara. 

Pertama, biji pepaya itu diblender dan disajikan seperti kita membuat jus. 

Kedua, dengan mengeringkannya, dan meblendernya, sebelum kemudian menyeduhnya seperti kita menyeduh kopi.
Untuk cara kedua, begini langkah yang harus dilakukan.

1. CUCI BIJI PEPAYA, LANTAS JEMUR 2-3 HARI.

2. SETELAH KERING, BLENDER/TUMBUK BIJI PEPAYA TERSEBUT HINGGA JADI SERBUK.

3. AMBIL SATU SENDOK TEH SERBUK DAN CAMPUR DENGAN SATU GELAS AIR HANGAT.BISA DICAMPURKAN DENGAN MADU ATAU SEDIKIT GULA AGAR RASANYA LEBIH NIKMAT.
(Atau bisa dibuat Jus langsung campur daging buah pepaya dengan bijinya dan minum 1-2 gelas jus biji pepaya tersebut setiap hari).
Buktikan dalam 14 hari pencernaan anda makin sehat tubuh makin bugar. 

Kata dokter Wahyu: “Saya dan keluarga sudah mencobanya, orang tua saya yang sebelumnya kolesterol 270, dalam 10 hari menjadi 170. 

Pasien saya pun telah menerapkan metode ini. Aman dan alami…,”

Senam Lidah

CERITA NYATA DARI TEMAN BAIK

Aku adalah seorang yg sudah Tua, di usia seperti aku ini, pasti banyak menyandang sakit/penyakit, tapi yang paling menguatirkan aku adalah terkena penyakit Alzeimer (kehilangan ingatan), bukan saja tidak bisa mengatur/merawat diri, bahkan merepotkan dan menyusahkan sanak keluarga.

Suatu hari, anakku pulang rumah, memberitahu aku bahwa teman dia seorang dokter, mengajarinya satu
seri gerakan SENAM LIDAH, konon tidak cuma bisa mencegah Alzeimer, juga bisa menurunkan:

Berat Badan, Hypertansi, Penyumbatan Pembuluh Darah Otak, Ashma, Rabun jauh, Telinga mendengung, Infeksi Tenggorokan, Infeksi Pundak, Insomia (sulit tidur ), dll.

Anakku bilang bahwa gerakannya sangat mudah, cukup dengan setiap pagi setelah membasuh muka didepan cermin, 

JULURKAN LIDAH dan MENARIK KEMBALI sebanyak 10X,

Selanjutnya JULURKAN LIDAH, lalu digerakan ke kanan dan kiri sebanyak 10X, 

Cukup. 

Sejak itu aku melakukan senam lidah setiap hari, menurut yg diberitahu oleh anakku.
Kami mempraktekkannya terus menerus, juga memperbaiki cara gerakan senam lidah dari pengalaman kami, latihan bertahan lebih dari setahun, dan membuahkan hasil, tidak hanya otak menjadi lebih jernih dan segar, rabun jauh, kepala pusing, problem pencernaan, mudah pilek dll yang selama ini ku derita, semuanya menjadi lebih ringan penderitaannya, badan menjadi lebih gesit dan lincah.

Catatan :

Senam Lidah mencegah Alzeimer ada dasarnya, 

Dari penelitian Ilmu Kedokteran, syaraf lidah berhubungan dengan Otak Besar, saat badan kita menjadi tua dan lemah, tanda2 yg muncul terlebih dahulu adalah lidah menjadi kaku dan kadang lidah suka tergigit sendiri. Maka, sering menggerakan lidah dengan Senam Lidah, akan men Stimulasi ( memberi kejutan positive ) Otak Besar, mencegah Otak Mengecil, dan mencapai tujuan kita menyehatkan tubuh kita.

 

Kami harapkan kepada semua teman2 kami yg sudah Usia Tinggi/Lanjut sudi kiranya dengan rutin setiap hari melakukannya.  

Senam Lidah ketepatan Hasilnya 95%….100%
Alangkah bahagianya kita bisa barbagi kepada banyak orang
Mungkin Ada Yg Membutuhkan

SEMOGA BERMANFAAT

Jangan Pernah Malas membersihkan bagian dalam dispensermu! Cegah hal berikut bagi keluarga dan teman Anda

Kita sering lupa dispenser yang kita gunakan bertahun-tahun itu membutuhkan perawatan bagian luar dan bagian dalamnya. Biasanya walau berulang-ulang mengganti galon air, kita sangat jarang membersihkan bagian dalam dispenser terutama pada bagian tabung pemanas. Bener ga? 
Kita mengabaikan fakta bahwa setiap pergantian galon selalu ada air yang tersisa di bagian dalam tabung dispenser, walau akan kembali tercampur dengan air baru namun dalam jangka waktu yang lama kita tidak tahu apa yang terjadi dan apa yang terbentuk di dalam.

Seperti yang dialami seorang netizen yang merasa kaget ketika membersihkan bagian dalam dispensernya, ketika membersihkan bagian tabung pemanas yang keluar adalah gumpalan-gumpalan putih seperti bubur kertas. Padahal air galon yang ia gunakan selama ini adalah air mineral dengan merek yang sangat terkenal.

 

Tidak diketahui apa sebenarnya gumpalan-gumpalan putih tersebut, apakah endapan tersebut terbentuk dari zat yang terkandung dalam air seperti fluoride dan lain sebagainya, jamur, atau memang kotoran debu yang tidak tersaring sempurna pada proses produksi air tersebut. Bayangkan bahaya kesehatan akibat air minum yang kita konsumsi tiap hari selalu bercampur dengan gumpalan kotoran seperti itu. Bayangkan berapa banyak bakteri yang bersarang di sana.

Dari segi kualitas, air mineral dengan merek terkenal memang belum tentu baik bagi kesehatan. Air mineral dengan merek terkenalpun bisa meninggalkan bekas yang terakumulasi seperti itu, apalagi jika air yang digunakan adalah air isi ulang sembarang yang dari segi kecanggihan proses filtrasi dan kandungan zatnya masih diragukan.

Dari aspek mikrobiologinya, air yang sehat tidak mengandung mikroba penyebab penyakit (patogen). 

Misalnya, bakteri E. coli yang bisa menyebabkan diare dan Salmonela typhi yang menyebabkan tipus bila air yang kita minum tercemar oleh kedua bakteri tersebut.

Selain harus selektif dalam memilih air kemasan galon, yang terpenting adalah sering-seringlah membersihkan bagian dalam dispenser anda terutama bagian tabung pemanas. Sterilkan bagian dalam dispenser secara teratur, karana selain menjamin dispenser dapat bekerja secara normal juga dapat mengurangi penyebaran bakteri dalam air.

Pertanyaan bagi anda pengguna dispenser, pernahkah anda membersihkan bagian dalam dispenser di rumah anda? seberapa seringkah anda membersihkan dan menguras bagian dalamnya? Tiap 2 minggu? tiap bulan? tiap tahun? atau sejak anda beli belum pernah mengurasnya sama sekali? Ayo bersihkan sekarang juga!!

Air Liur+Buah = Obat Cancer

Dr. Stephen memperlakukan pasien sakit Cancer dgn cara yg “un-ortodoks” & banyak pasien Sembuh!

Ia percaya pd penyembuhan alami dlm tubuh terhadap penyakit.

Obat utk Cancer sdh ditemukan!

Anda percaya?

Saya berdukacita bagi pasien cancer yg meninggal di bwh perawatan konvensional.

Pasien cancer tdk seharusnya mati !

Menurut DR. Shu, 3 generasi Sinshe di Taiwan:

Makan buah segar dan caranya!

Ini sangat informatif!
Umumnya makan buah berarti membeli buah, cuci, memotongnya & masukkan ke dalam mulut kita?

Tapi tidak semudah yg kita pikirkan! Pengetahuan penting bagaimana & kapan harus makan buah.

Cara yg tepat makan buah;

+ TIDAK MAKAN BUAH-BUAHAN.

SETELAH ANDA MAKAN.

+ BUAH HARUS DIMAKAN PD SAAT PERUT KOSONG.

BUAH ADALAH MAKANAN PALING PENTING!

BAHAYA! Buah bercampur dgn makanan lain akan membusuk & menghasilkan gas sehingga lambung akan kembung!

Menurut penelitian Dr Herbert Shelton;

Jika Anda telah menguasai cara yg benar makan buah2an,

Anda memiliki;

umur panjang,

selalu sehat,

Penuh energi,

tubuh dan pikiran jadi nyaman & berat badan normal.

Makan buah yg utuh segar dan bersih (Bukan buah/Juice kemasan kaleng/botol Plastik) lebih baik dari pada minum jus.

Tapi jika terpaksa minum jus, maka minumlah seteguk demi seteguk secara perlahan, karena Anda harus membiarkannya bercampur degan air liur Anda sebelum menelannya.

MINUM AIR ES SETELAH MAKAN = KANKER!!

Air dingin akan membuat makanan yang berminyak menjadi solid (beku)!.

Hal ini akan menghambat proses pencernaan.

Ketika ‘lumpur’ tsb bereaksi dgn asam, maka akan jadi lemak bertoksin(Racun) & berbaris di dalam usus dan terserap dng sangat cepat! Sehingga menyebabkan Cancer!

Cara Terbaik adalah;

* Minum air hangat setelah makan
* Makan buah segar saat perut kosong.

(Buah + Air Liur Manusia = Obat Cancer).

Sumber

Pentingnya Sarapan Pagi

Sarapan pagi amatlah penting sebelum memulai hari. Ahli gizi menemukan fakta bahwa sarapan merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan bagi Anda yang ingin hidup sehat

Membakar kalori lebih banyak
Menurut penelitian dari The Mayo Clinic for Medical Education and Research, orang yang tidak terbiasa sarapan membakar kalori 150 lebih sedikit dibanding mereka yang sarapan setiap hari. Jadi, Anda bisa memilih antara melakukan sarapan atau mengempel lantai selama 10 menit.

Risiko terkena demam lebih kecil
Para peneliti di Cardiff University mengatakan bahwa orang-orang yang terbiasa sarapan tidak mudah terserang demam, flu, atau penyakit pernapasan lainnya. Karena sarapan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak mudah depresi
Orang yang terbiasa sarapan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk depresi atau bahkan bunuh diri. Hal ini berdasarkan penelitian dari University of Bristol yang mengatakan kekurangan hormon serotonin dapat menyebabkan Anda merasa lelah, sulit konsentrasi, dan mudah terganggu.

Panjang umur
Sebuah penelitian yang dilakukan The Stress Institute menemukan fakta bahwa orang-orang yang mencapai usia 100 tahun melakukan sarapan lebih teratur dibanding mereka yang tidak mencapai usia tersebut.

Memberi energi
Orang-orang yang melakukan sarapan cenderung lebih berenergi dan terlihat lebih aktif dibanding mereka yang tidak sarapan.

Mengurangi berat badan
Bagi Anda yang sedang menjalani diet, sebaiknya melakukan sarapan dengan menu diet, agar porsi makan siang Anda dapat dikurangi. Lakukan hal ini selama 3 bulan berturut-turut, maka berat Anda akan turun.

Bikin lebih pintar
Sebuah penelitian di The Journal of Psychiatric Research menemukan fakta bahwa sarapan dapat meningkatkan daya ingat dan membantu seseorang untuk berpikir dan melaksanakan tugasnya lebih baik saat bekerja.

Sumber: Ghiboo/Majalah Fitness For Men

Gaya Hidup Warga Usia Pertengahan dan Usia Lanjut Serta Pengaruhnya Terhadap Kesehatan – Prof. Hung Zao Guang (Tulisan 1 Dari Beberapa Tulisan)

Tulisan ini saya peroleh dari Ibu saya saat mengikuti seminar kesehatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pensiunan Bank Indonesia, dimana materi ini disampaikan oleh dr. Anis Majid. Karena panjangnya materi ini, akan saya bagi menjadi beberapa tulisan, semoga bermanfaat.

Prof. Huang Zao Guang lahir di Fu Kien tahun 1939 lulusan Shanghai First Medical Institute tahun 1961. Kemudian beliau melanjutkan pendidikan S3 ke Chicago North Westtern University, spesialis di bidang “Sickness Prevention” atau “Pencegahan terkena Penyakit”.

Hipotesisnya adalah : faktor utama penyebab timbulnya penyakit-penyakit kronis bukanlah faktor internal si penderita, melainkan faktor eksternal penderita sehingga dengan mengendalikan faktor eksternal ini berupa membangun suatu gaya hidup sehat, akan mencegah dan mengurangi secara efektif timbulnya penyakit.

Perkembangan Sains dan Teknologi saat ini bukan saja telah memperkaya kehidupan materi dan jasmaniah umat manusia tapi juga telah mengubah gaya hidup manusia. Bersama dengan itu terjadi perubahan dahsyat tatanan sosio politik dan sosio ekonomi serta krisis multidimensional (seperti misalnya yang terjadi di Indonesia) nampak sekali telah membuat persaingan dan perjuangan hidup dirasakan bertambah berat.

Definisi WHO :

< usia 65 tahun  : usia pertengahan (middle age)

65 – 74 tahun     : usia junior old age

84 – 90 tahun     : usia formal old age

90 – 120 tahun   : usia longevity old age (orang tua berumur panjang)

Prinsip biologis, usia binatang menyusui adalah 5 – 7 kali masa pertumbuhan hingga dewasanya. Saat sekarang ini disinyalir terjadi reduksi usia sekitar 50 tahun lebih cepat, karena lebih awal kena penyakit, lebih awal lumpuh, sehingga lebih awal wafatnya.

Ketika ekonomi telah berkembang, hidup makin makmur, tingkat kehidupan materi telah banyak meningkat mengapa malahan membuat orang jadi cepat mati?

Ini pendapat yang salah!

Penyakit-penyakit yang nampaknya semakin banyak sekarang ini misal: penyakit jantung, stroke, tumor/kanker, diabetes, sebenarnya bukanlah disebabkan oleh peningkatan kehidupan materi, melainkan disebabkan oleh minimnya pengetahuan akan kesehatan (health knowledge & awareness).

Di Amerika, penduduk kulit putih bila dibanding dengan penduduk kulit hitam, si kulit putih lebih makmur, kehidupan materialnya lebih baik. Tapi penderita tekanan darah tinggi, jantung koroner, tumor/kanker pada yang berkulit putih lebih sedikit dibanding si kulit hitam, usianyapun lebih panjang.

Kesimpulannya: kita mendapat penyakit lebih awal dan lebih banyak, bukan karena peningkatan kehidupan materi melainkan karena pencerahan mental/batin kita tidak cukup.

Penyakit yang paling mempengaruhi kesehatan tubuh kita adalah jantung koroner. Angka kematian yang ditimbulkannya pada 2001 sekitar 25% dari total kematian akibat penyakit.

Menurut Prof. Dr. Hung Zao Guang: banyak orang yang mati bukanlah mati karena penyakit, tapi mati karena ketidaktahuannya. Sebenarnya banyak penyakit yang dapat dicegah sehingga kematian dapat terhindar.

Contoh :

Seorang penduduk Beijing dengan usia pertengahan suatu hari membeli sayuran agak banyak untuk persediaan musim dingin.

Apabila orang ini pernah memperoleh pendidikan kesehatan “bahwa orang yang biasa tidak pernah gerak dan tidak pernah olahraga, tidak boleh tiba-tiba mengerjakan pekerjaan fisik yang berat”, maka ia tentu akan dapat menghindari malapetaka ini.

Ingat kata-kata mutiara ini:

Tiga hal setengah menit dan tiga hal setengah jam

Banyak manula yang bisa meninggal mendadak di malam atau pagi hari. Seorang manula yang bangun tidur tengah malam ingin buang air, ia melakukannya terlampau cepat.

Dari pantauan ECG nya didapati bahwa di siang hari ECG nya normal, tapi di malam hari biasanya kekurangan darah pada otot jantungnya dan tiba-tiba mengkerut, karena ketika ia tiba-tiba bangun tidur, mendadak tensi darahnya menurun, otak kekurangan darah dan jantung berhenti.

Maka formula tiga hal setengah menit: ketika terjaga jangan segera turun ranjang. Rebahlah dulu kira-kira setengah menit lalu duduk di tepi ranjang selama setengah menit kemudian baru turunkan kedua tungkai di tepian ranjang selama setengah menit baru kemudian berjalan ke arah kamar mandi atau tempat lain.

Dengan melewati tiga gal setengah menit, tanpa buang uang sepeserpun, kekurangan darah pada otak akan terhindar, jantung bekerja normal, menghilangkan kemungkinan jatuh dan patah tulang, serangan jantung dan stroke.